Author Guidelines

Panduan Penulis

Harap gunakan panduan berikut untuk mempersiapkan naskah Anda sebelum mengirimkannya.

Judul Artikel Ilmiah

Judul Artikel Ilmiah: Center, Bold, Times New Roman 15, Maksimum 14 kata, Huruf Awal Huruf Besar, After 12 pt

Penulis1, Penulis2,*, Penulis1 
1Departement, Fakultas, Nama Kampus, Kota, Indonesia
2Departement, Fakultas, Nama Kampus, Kota, Indonesia
1author1@gmail.com, 2,*author2@gmail.com, 3author2@gmail.com
Email Penulis Korespondensi: author2@institusi.ac.id 

Judul harus jelas dan ringkas. Hanya awal judul yang menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal. Nama penulis dan afiliasi seperti yang tertulis di atas. Tanda * menyatakan penulis korespondensi. Nama penulis ditulis dengan jelas tanpa judul. Penomoran heading dengan sistem arab dengan sub heading maksimal sampai dengan 3 level.

Abstrak [Times New Roman 9]

Abstrak merupakan ringkasan singkat dari makalah untuk membantu pembaca cepat memastikan tujuan penelitian dan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Abstrak harus jelas dan informatif, memberikan pernyataan untuk masalah, metode penyelesaian masalah, serta kesimpulan/hasil sementara dari penelitian anda. Panjang abstrak antara 90 hingga 230 kata. Hindari singkatan yang tidak biasa dan definisikan semua simbol yang digunakan dalam abstrak. Menggunakan kata kunci yang terkait dengan topik penelitian direkomendasikan.

Kata Kunci

Kata kunci yang ditulis 3-5 kata harus merupakan himpunan bagian dari judul makalah, ditulis menggunakan huruf kecil kecuali singkatan dan awal kata, dan dipisahkan dengan tanda baca titik koma untuk antar kata.

Abstrak dan Kata Kunci juga harus di sertakan dalam bahasa Inggris.

Struktur dari manuskrip

Artikel harus berisi tulisan yang berisi, 1)  PENDAHULUAN (min 700 kata), 2)  METODE PELAKSANAAN (min 500 kata), 3) HASIL DAN PEMBAHASAN (min 1800 kata), 4)  KESIMPULAN (min 200 kata), 5) UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada) dan DAFTAR PUSTAKA. Teks Judul Bagian menggunakan waktu New Roman 13 huruf Besar dan Tebal.

1. PENDAHULUAN
Artikel dibuat kedalam halaman 1 kolom dengan ukuran kertas A4. Untuk Top Margin 3 cm, Left Margin 2,5 cm, Bottom Margin 1,5 cm, dan Right Margin 2 cm. Naskah dibuat dengan menggunakan Microsoft Word, spasi tunggal, 10 pt Cambria, dan tidak lebih dari 6-7 halaman. Silakan pilih judul artikel dengan kata-kata yang mungkin paling sedikit yang diperlukan untuk mendeskripsikan konten dengan memadai. Pendahuluan harus mendeskripsikan latar belakang dari kegiatan penelitian yang dilakukan, masalah yang ditemui pada masyarakat/mitra, solusi yang di tawarkan dalam penyelesaian masalah tersebut, penelitian sejenis terkait dengan yang dilaksanakan (minimal 4 hasil penelitian), manfaat yang akan diharapkan dari hasil kegiatan, solusi yang ditawarkan atas masalah yang ditemui. Jika dalam artikel terdapat kutipan, gunakan (Kusrini, 2007) dan seterusnya dengan menggunakan alat kutipan Mendeley pada format APA 6 Edition. Istilah dalam bahasa asing ditulis miring (italic).

2. METODE PELAKSANAAN
2.1 Sub Judul 1 
(Subtitle Times New Roman 10, Left, After 6 pt)
Pada bagian ini berisi tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian serta di gambarkan. Bagian berisikan tentang kajian kajian teoritis dari apa yang dilangsungkan pada kegiatan yang ada.

2.2 Sub Judul 2 
a. Gunalan huruf kecil dan abjad untuk penomoran list.
b. Jika lebih dari 1 level penomoran gunakan penomoran angka untuk list selanjutnya:
1. Gunakan penomoran angka.
2. Selanjutnya

2.2.1 Sub Bagian Sub Judul 2 (Subtitle Times New Roman 10, Left, After 6 pt)
2.2 Sub Judul 3
Dalam naskah, nomor kutipan dengan format APA 6 Edition, juga tabel angka dan angka secara berurutan.

Penulisan Tabel
Tabel harus diberi nomor sesuai urutan penyajiannya (Tabel 1., Tabel 2., Tabel n..). Judul tabel ditulis dengan posisi rata tengah di atas tabel. Font yang digunakan pada judul tabel dan isi tabel adalah 10pt. Tabel harus dikutip dan disebutkan dalam teks.

Penulisan Gambar
Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajiannya (Gambar 1., Gambar 2. , Gambar n.). Caption untuk gambar diposisikan di tengah halaman, di bawah gambar (center justified). Ukuran font adalah 10 poin. Gambar harus dikutip dan disebutkan dalam teks.

3. HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bagian ini berisi hasil dan pembahasan dari topik pelaksanaan pengabdian. Bagian ini juga merepresentasikan penjelasan yang berupa penjelasan, gambar, tabel dan lainnya. Pada bagian ini jangan di buat materi dari pengabdian yang dilakukan. Banyaknya kata pada bagian ini berkisar min 1800 kata.

3.1 Penjelasan Kegiatan
a. Gunalan huruf kecil dan abjed untuk penomoran list.
b. Seting 5 mm untuk bagian kiri menjorok kedalam.
c. Jika lebih dari 1 level penomoran gunakan penomoran angka untuk list selanjutnya:
1. Gunakan penomoran angka.
2. Selanjutnya

3.2 Tingkat Pemahaman Tentang Kegiatan Yang Berlangsung
Dapat di uraikan pemahaman dari sebelum kegiatan di laksanakan maupun setelah di laksanakan. Gambarkan dalam bentuk tabel/grafik.

3.3 Dokumentasi Kegiatan
Uraikan dan jelaskan dokumentasi kegiatan yang dilakukan

4. KESIMPULAN
Pada bagian kesimpulan nyatakan dengan jelas keuntungan dari hasil penelitian, keterbatasan dan kemungkinan penerapannya. Kesimpulan juga berisi jawaban segala permasalahan yang terdapat didalam penelitian. Isi kesimpulan tidak berupa point-point, namun berupa paragraph (1 paragraph). Banyaknya kata pada bagian ini berkisar min 200 kata.

DAFTAR PUSTAKA
Penulisan referensi menggunakan format APA 6 Edition. Disarankan untuk menggunakan alat pengutipan Standar Referensi seperti Mendeley/Endnote/Zotero. Segala sesuatu yang tercantum dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk secara tertulis atau makalah. Minimal 10-13 referensi utama dan terbaru (5 tahun terakhir).