Aplikasi Kompresi Citra Dengan Menerapkan Algoritma SPIHT (Set Partitioning In Hierarchical Trees)


  • Milpadi Yanti * Mail Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Aplikasi; Kompresi; Algoritma SPIHT.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital saat ini,dengan banyaknya peralatan digital yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti komputer,kamera digital ,handphone dan sebagainya. Dibandingkan dengan data teks,citra mempunyai karateristik tersendiri,yaitu citra merupakan data yang kaya dengan informasi. Bahkan ada sebuah isrtilah yang cukup populer yaitu “a picture is more than a thousand words”yang berarti bahwa sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan informasi yang disajikan dalam bentuk kata-kata atau tulisan. Tetapi pada sebuah gambar digital mempunyai kapasitas atau ukuran yang cukup besar,jika disimpan akan membutuhkan memori yang besar untuk menyimpan data tersebut,mengingat media penyimpanan sangatlah terbatas,dan jika harus dikirim maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pentransmisian. Salah satu solusinya adalah dengan cara mengkompresi data citra tersebut. Dengan kompresi citra jumlah bit yang relatif sedikit sehingga transmisi citra dapat berjalan lebih cepat.

References

V. Lusiana, “Teknik Kompresi Citra Digital Untuk Penyimpanan File Menggunakan Format XML,” Teknol. Infomasi Din., vol. 19, p. 2, 2014.

C. T. Utari, “IMPLEMENTASI ALGORITMA RUN LENGTH ENCODING UNTUK PERANCANGANAPLIKASI KOMPRESI DAN DEKOMPRESI FILE CITRA,” J. TIMES, vol. 5, no. 2337–3601, p. 2, 2016.

Nia Maulidia, “Analisa Pengiriman Citra Terkompresi SPIHT Dengan Teknik Spread Spectrum Direct Sequence (DS-SS),” J. MULTINETICS, vol. 1, p. 1, 2015.

and T. I. A. Satyapratama, M. Yunus, P. Studi, “KOMPRESI FILE GAMBAR BMP DAN PNG,” Ejurnal Stimata, vol. 6, no. 69–81, p. 2, 2015.

dan M. P. Rema, NR, Binnu Ani Oommen, “Image Compression Using SPIHT with Modified Spatial Orientation Trees,” Div. Electron. Eng. Sch. Eng. CUSAT Kochi-682022, vol. 1732 – 173, 2014.

C. T. Utari, “IMPLEMENTASI ALGORITMA RUN LENGHT ENCODING UNTUK PERANCANGAN APLIKASI KOMPRESI DAN DEKOMPRESI FILE CITRA,” TIMES, vol. 2, no. 2337–3601, 2016.

E. Iswandy, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKANPENERIMAANDANA SANTUNAN SOSIALANAK NAGARI DAN PENYALURANNYA BAGIMAHASISWA DAN PELAJAR KURANG MAMPUDI KENAGARIAN BARUNG–BARUNG BALANTAI TIMUR,” TEKNOIF, vol. 3, p. 2, 2015.

PRISMAHARDI AJI RIYANTOKO, RESTORASI CITRA PADA KOMPRESI SPIHT (SET PARTITIONING IN HIERARCHICAL TREES) MENGGUNAKAN METODE ITERATIF LANCZOS-HYBRID REGULARIZATION. Surabaya, 2016.

T. S. D. M. Pulung Nurtantio Andono, Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: ANDI, 2018.

S. Dharwiyanti, Sri dan Wahono, Romi, (UML), Pengantar Unified Modelling Language. 2003.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen dengan Database Oracle (Studi Kasus : UIN Sumatra Utara Medan).,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, p. 1, 2018.

A. . R. S. M, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula, 2011.

P. . Drs. Suarga, M.Sc., M.Math., Algoritma dan Pemograman. Yogyakarta, 2012.

R. Priyanto, Langsung Bisa Visual Basic.NET 2008. Yogyakarta: ANDI, 2009.

B. Cahyono, “PENGGUNAANSOFTWARE MATRIX LABORATORY(MATLAB) DALAM PEMBELAJARANALJABAR LINIER,” PHENOMENON, vol. 1, p. 1, 2013.

N. Ahmad1 and Arifyanto Hadinegoro2, “METODE HISTOGRAM EQUALIZATION UNTUK PERBAIKAN CITRA DIGITAL,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. Terap. 2012, no. 979-26-0255–0, 2012.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Aplikasi Kompresi Citra Dengan Menerapkan Algoritma SPIHT (Set Partitioning In Hierarchical Trees)

Article History
Submitted: 2021-11-20
Published: 2021-12-14
Abstract View: 7 times
pdf Download: 6 times
Section
Articles