Penerapan Metode Gabor Wavelet Untuk Deteksi Gimmick Wajah Pada Citra Digital


  • Ulfa Syahrina * Mail Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Nelly Astuti Hasibuan Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Ronda Deli Sianturi Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengenalan; Gimmick Wajah; Citra Digital; Gabor Wavelet

Abstract

Banyak penelitian dilakukan terhadap objek berupa citra, yang mana informasi atau knowledge yang didapat dari citra tersebut dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi dunia pendidikan, inovasi teknologi dan pengelolaan informasi. Pengelolaan citra tidak terlepas dari komputer, sehingga memcu perusahaan-perusahaan komputer untuk meningkatkan kualitas dalam pembuatan perangkat lunak untuk mengolah citra dengan memberikan efek transfaransi pada citra. Maka didalam pembuatan skripsi ini dibahas tentang pengenalan gimmick wajah agar mudah dikenali.Gimmick yaitu bentuk wajah yang mengungkapkan gaya. Wajah merupakan bagian depan dari kepala yang meliputi daerah dari dahi hingga dagu, termasuk juga rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, dagu dan kulit. Wajah digunakan untuk menunjukkan sikap seseorang terhadap ekspresi wajah, penampilan, serta identitas dari seseorang. Tidak ada satu pun wajah yang sama atau serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar sekalipun. Gimmick pada wajah seseorang bisa saja tidak mudah diketahui bahwa wajah tersebut sudah dibuat rekayasa, baik dari segi tampilan wajah maupun gerak­-geriknya. Gimmick wajah sangat berpengaruh pada pengolahan citra agar dapat mempermudah dalam proses pengenalan gimmick wajah seseorang, maka dilakukan proses pengenalan dengan cepat, tepat serta efisien.

References

F. N. Rachman and F. I. B. Ui, “Fungsi gimmick ..., Ferdian Nur Rachman, FIB UI, 2013,” pp. 1–21, 2013.

D. Barina, “Gabor Wavelets in Image Processing,” no. 2, 2016.

R. Munir, “Pengantar Pengolahan Citra,” Pengolah. Citra Digit., no. Bagian 1, pp. 1–10, 2013.

F. A. Hermawati, “Pengolahan Citra Digital : Konsep & Teori,” no. December, 2018.

S. Fischer, F. Šroubek, L. Perrinet, R. Redondo, and G. Cristóbal, “Self-invertible 2D log-Gabor wavelets,” Int. J. Comput. Vis., vol. 75, no. 2, pp. 231–246, 2007.

S. Melangi, “Klasifikasi Usia Berdasarkan Citra Wajah Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network dan Gabor Filter,” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 60–67, 2020.

Kurniawan, A. S. Akuwan, and N. Ramadijanti, “Aplikasi Absensi Kuliah Berbasis Identifikasi Wajah Menggunakan Metode Gabor Wavelet,” J. ICT, no. Face Regocnition, p. 6, 2014.

S. Tokumasu, “No Covariance structure analysis Title for health-related indicators in the elderly at home with a focus on subjective health,” vol. 2, no. 1, pp. 765–770, 1970.

N. Dwi Astari, B. Hidayat, and S. Aulia, “Sistem Absensi Pengenalan Wajah Otomatis Berbasis Video Menggunakan Metode Gabor Wavelet,” Semin. Nas. Univ. PGRI Yogyakarta, 2015.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Metode Gabor Wavelet Untuk Deteksi Gimmick Wajah Pada Citra Digital

Dimensions Badge
Article History
Submitted: 2021-11-20
Published: 2021-12-14
Abstract View: 43 times
pdf Download: 40 times
Section
Articles