Perancangan Aplikasi Game Bubble Shooter Dengan Menerapkan Kombinasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Dan Linear Congruent Method


  • Raja Yusuf * Mail Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Mesran Mesran Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Putri Ramadhani Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Perancangan; Bubble Shooter; Fisher Yates Shuffle; , Linear Congruent Method

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, permainan di kembangkan ke dalam teknologi yang lebih modern, seperti komputer (pc) ataupun smartphone. Salah satu game yang sangat menyenangkan dan cukup sering dimainkan yaitu game bubble shooter. Saat memulai permainan pada game bubble shooter warna gelembung sudah ditentukan secara otomatis sehingga terkadang warna gelembung teracak secara tidak teratur, sehingga membuat pemain kesulitan untuk menyelesaikan permainan tersebut. Untuk itu diperlukan suatu algoritma dalam pengacakan warna gelembung pada game bubble shooter yaitu algoritma fisher yates shuffle dan linear congruent method, kedua algoritma tersebut diperlukan untuk mengacak warna gelembung agar mempermudah pemain dalam menyelesaikan permainan tersebut. Sebagai hasilnya dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan algoritma fisher yates shuffle dan linear congruent method, maka pengacakan warna gelembung pada game bubble shooter tidak terdapat pola yang sama dan benar-benar teracak secara teratur.

References

Ahmad, F. (2018). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Linear Congruent Method Pada Simulasi Ujian Toefl Berbasis Android. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 653–660.

B.Kamalia Fikria. (2014). Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Posisi Non Playable Character (NPC) Pada Game Tantra Bahari. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Booch, G. (1996). Uml Boo. Performance Computing/Unix Review, 14(13).

Firmandi, T. (2019). Memodelkan Aplikasi Akuntansi Menggunakan UML Di Toko Obat Sumber Sehat Ciputat. 5–10.

Retno. (2012). Pengertian Permainan Game. 5–17.

Studio, V. (2008). Bab I Sekilas Visual Studio . Net 2008. 1–11.

Umam, Y. (2018). Penerapan Linear Congruent Method Untuk Pembagian Kelas Pada MTs YPI AN-NUR.

http://en.Wikipedia.org/wiki/bubble_shooter.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Aplikasi Game Bubble Shooter Dengan Menerapkan Kombinasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Dan Linear Congruent Method

Dimensions Badge
Article History
Submitted: 2021-11-20
Published: 2021-12-14
Abstract View: 110 times
pdf Download: 38 times
Section
Articles