Penerapan Algoritma Galil Seiferas Pada Aplikasi Legenda Nusantara


  • Ferry Prambana * Mail Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Algoritma Galil Seiferas; Aplikasi; Legenda Nusantara

Abstract

Legenda nusantara adalah cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat, cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite. Legenda sebagai salah satu jenis folklor lisan tidak hanya mengandung kisah-kisah dari suatu kolektif tetapi juga mengandung unsur sejarah didalamnya. Legenda dapat mengungkapkan sebagian cerminan kebudayaan atas suatu masyarakat. Bagi setiap orang penting untuk mengetahui bagian cerita dari legenda nusantara tersebut. Adapun solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat suatu sistem pencarian pada aplikasi legenda nusantara yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian pada Aplikasi legenda nusantara. Dalam aplikasi pencarian pada legenda nusantara, pada aplikasi legenda nusantara yang akan dicari tidaklah dicari secara naïve (mencari huruf per huruf). Namun ada sebuah fitur dalam aplikasi yang membantu pencarian kata yaitu dengan menggunakan algoritma string matching Galil seiferas. Algoritma pencarian Galil seiferas, dimana cara kerja algoritma Galil seiferas yaitu dengan melakukan pencarian dari kanan lalu kemudian kekiri. Dengan diterapkannya Algoritma Galil seiferas pada sistem pencarian pada aplikasi legenda nusantara ini, maka diharapkan dapat melakukan proses pencarian aplikasi legenda nusantara dengan lebih mudah dan cepat.

References

[1] A. B. Ginting and D. P. Utomo, "PERANCANGAN APLIKASI CATALOG WISATA DI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 57-63, 2019.
[2] L. Wardani, "Perancangan Aplikasi Pencarian Makna Motif Batik Menggunakan Metode Galil Seiferas," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 264-268, 2020.
[3] R. Sarno, Y. Anistyasari and F. Rahimi, Semantic Search, Yogyakarta: Andi, 2012.
[4] Ernawati, A. Johar and S. Setiawan, "IMPLEMENTASI METODE STRING MATCHING UNTUK PENCARIAN BERITA UTAMA PADA PORTAL BERITA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: HARIAN RAKYAT BENGKULU)," Jurnal Pseudocode, vol. VI, no. 1, pp. 77-82, 2019.
[5] W. Astuti, "ANALISIS STRING MATCHING PADA JUDUL SKRIPSI DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS PRATT (KMP)," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 2, pp. 167-172, 2017.
[6] Wikipedia, "Wikipedia Ensiklopedia Bebas," 11 Juni 2020. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Legenda. [Accessed 05 Juli 2020].
[7] P. Sulistyorini, "Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XIV, no. 1, pp. 23-29, 2009.
[8] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Arsitektur Dan Berorientasi Objek), Bandung: Bandung : Informatika, 2014.
[9] Zamrony P.Juhara, Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2016.
[10] Nazaruddin Safaat, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc. Bandung: Informatika Bandung, 2015.
[11] Y. Supardi, Pemograman Database dengan Java dan Mysql. Yogyakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
[12] Mark L.Marphy, Beginning Android. USA, 2010.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma Galil Seiferas Pada Aplikasi Legenda Nusantara

Dimensions Badge
Article History
Submitted: 2022-08-13
Published: 2022-08-31
Abstract View: 10 times
PDF Download: 12 times
Section
Articles