Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE


  • Wilson Suhendra Sihombing Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran; Animasi; Aplikasi; ADDIE; Agama Kristen

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran juga merupakan suatu proses untuk membantu para peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajarkan suatu pelajaran agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, dapat juga mempengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. ADDIE merupakan istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis untuk pengembangan pembelajaran. Selain metode CBI, CAI, dan metode pembelajaran lainnya, metode ADDIE juga merupakan metode yang cocok untuk digunakan dalam sistem pembelajaran yang akan mempermudah pengajar untuk menyampaikan materi. Salah satu cara pembelajaran berbantuan komputer adalah penerapan metode ADDIE. Metode ADDIE merupakan salah satu model design sistem pembelajaran yang memprlihatkan tahapan-tahapan dasar sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah dipelajari. Dalam proses pembelajaran berbantuan komputer, dimana komputer digunakan untuk tujuan menyajikan pembelajaran yang berbentuk tutorial, simulasi, dan permainan. Hal ini sangat dapat membantu siswa mampu menerapkan sistem belajar sambil bermain yang sangat efektif untuk proses pembelajaran bagi siswa.

References

H. Hadi and S. Agustina, “Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie,” vol. 11, no. 1, pp. 90–105, 2016.

Afrida, A., Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru Muaro Jambi. Jambi: Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2018.

A. Fazri, “Perancangan perangkat lunak berbasis wap untuk manajemen percetakan yang terintegrasi dengan sms gateway pada percetakan mentari,” Fak. Ilmu Komput. Univ. Bina Darma, 2017.

I. Kant, Religion and Rational Theology. Cambridge: Cambridge University Press, 2015.

Dr.E.G.Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, 2016.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE

Dimensions Badge
Article History
Submitted: 2022-03-02
Published: 2022-04-29
Abstract View: 145 times
pdf Download: 323 times
Section
Articles