Penerapan Metode Queue Tree Dalam Manajemen Bandwidth Berbasis Mikrotik Untuk Memudahkan Pembelajaran Dalam Menghadapi Dampak Covid-19


  • Migni Finces Manao * Mail Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Alboy Sinaga Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Soeb Aripin Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Manajemen Bandwidth; Mikrotik; Pembelajaran; Covid-19; Queue Tree

Abstract

Masih berlangsungnya dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai sektor mengalami penurunan salah satunya dibidang Pendidikan. Banyak cara yang dihadapi dalam dunia Pendidikan untuk memulihkan dampak yang disebabkan oleh Covid-19 yaitu melakukan pembelajaran secara daring dan luring [1]. Dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran tersebut terdapat kedala salah satunya pada pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Masalah yang sering timbul adalah pembagian bandwidth yang tidak merata ketika semua menggunakan akses internet Untuk menjaga kelancaran penggunaan internet, manajemen bandwidth yang baik diperlukan dengan tujuan mengatur besaran bandwidth dan menjamin para pengguna jaringan mendapatkan bandwidth yang adil dan memuaskan. Salah satu cara untuk mengatur besaran bandwidth dengan menggunakan metode queue tree. Metode Queues tree adalah pelimitan yang sangat rumit karena pelimitan ini berdasarkan protokol, ports, IP Address, bahkan kita harus mengaktifkan fitur Mangle pada Firewall jika ingin menggunakan Queue Tree. Dengan tujuan agar kapasitas bandwidth tersebut nantinya akan dibagikan kepada setiap pengguna jaringan sesuai dengan prioritasnya dalam penggunaan internet sehingga besarnya kapasitas bandwidth yang disediakan dapat dioptimalkan pada SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dimana hasil penerapan metode queue tree yaitu dengan membuat max-limit download dan upload masing-masing sebesar 10Mbps. Download dan Upload masing-masing terbagi menjadi 2 yaitu download atau upload berat masing-masing mendapat max-limit 2,5 Mbps dan download atau upload ringan masing-masing mendapat max-limit 10 Mbps

References

[1] M. Fahmi, P. Choirina, dan A. Rifai, “PERANCANGAN INTERNET MURAHPADAMASA PANDEMl COVlD-19MENGGUNAKANMETODE NDLC,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 5, no. 1, hal. 382–389, 2021.
[2] S. Hadi dan R. Wibowo, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN QUEUE TREE PADA UNIVERSITAS SEMARANG,” Pengemb. Rekayasa dan Teknol., vol. 15, no. 2, hal. 112–117, 2019.
[3] D. Susianto, “IMPLEMENTASI QUEUE TREE UNTUK MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN ROUTER BOARD MIKROTIK,” J. CENDIKIA, vol. 14, no. 1, hal. 1–7, 2016.
[4] C. Prihantoro, A. K. Hidayah, dan S. Fernandez, “Analisis Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree pada Jaringan Internet Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” JUST TI (Jurnal Sains Terap. Teknol. Informasi), vol. 13, no. 2, hal. 81–86, 2021.
[5] Rasim, Mugiarso, dan J. Warta, “IMPLEMENTASI METODE QUEUE TREE UNTUK MANAJEMEN BANDWIDTH BERBASIS HOTSPOT (STUDI KASUS : ONESNET BEKASI),” JSI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, hal. 151–160, 2022.
[6] A. F. Daru, F. W. Christanto, dan A. Kurniawan, “Metode PCQ dan Queue Tree untuk Implementasi Manajemen Bandwidth Berbasis Mikrotik,” J. RESTI (Rekayas a Sist. dan T eknol ogi Inf. ), vol. 5, no. 2, hal. 407–412, 2019.
[7] M. E. A. Damopolii, S. Raharjo, dan J. Triyono, “ANALISA PERBANDINGAN OPTIMALISASI MANAJEMEN BANDWIDTHMIKROTIK MENGGUNAKAN METODE QUEUE TREEDAN SIMPLE QUEUE(Studi Kasus Asrama Bogani Yogyakarta Ratmakan GM 1/693),” J. JARKOM, vol. 9, no. 1, hal. 21–29, 2021.
[8] M. Rofiq, “PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH INTERNET MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO,” J. Ilm. Teknol. dan Inf. ASIA, vol. 7, no. 1, hal. 1–15, 2013.
[9] Athailah, Panduan Singkat Menguasai Router Mikrotik untuk Pemula. Jakarta: mediakita, 2013.
[10] S. P. U. A. Helmi Prasetyo;, Herika Hayurani;, “Modul Workshop Mikrotik Dasar : Pengenalan Mikrotik dan Perintah- perintah Dasar,” Jakarta, 2014.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Metode Queue Tree Dalam Manajemen Bandwidth Berbasis Mikrotik Untuk Memudahkan Pembelajaran Dalam Menghadapi Dampak Covid-19

Dimensions Badge
Article History
Submitted: 2022-08-15
Published: 2022-08-31
Abstract View: 31 times
PDF Download: 41 times
Section
Articles